Selasa, 22 Agustus 2017

Ini yang Harus Kamu Lakukan Pertama Kali Saat Digigit Anjing

Ketakutan anjing tidak lepas dari stigma bahwa hewan tersebut mudah menggigit manusia dan membawa virus rabies saat digigit.

Seperti kejadian yang terjadi Ramiza Bazigha (8) yang ditemukan tewas diduga karena gigitan anjing pit bull di lehernya. Kejadian tersebut tentu membuat beberapa orang merasa waspada saat bertemu atau berhadapan dengan anjing.

Pecinta anjing, Adri Prastowo mengatakan, saat seseorang digigit anjing mereka hanya tidak memukul anjing. Pukulan atau teriakan yang diberikan pada anjing dapat dinilai sebagai bentuk dukungan untuk mereka.

"Jika seekor anjing yang digigit harus menggunakan sepotong besi atau kayu dan memasukkannya ke dalam mulutnya untuk melepaskan gigitannya," katanya saat dihubungi www.sehat-ituaku.com di Jakarta, Senin (7/8).

Ditambahkan BlackFace Club Dog Trainer Kenny Rao, seseorang yang digigit anjing harus berusaha keras untuk menghindari kepanikan dan tidak berkelahi. Tujuannya, untuk meminimalkan robekan gigitan.

"Saat anjing digigit untuk mencoba tenang, jangan berkelahi karena perlawanan benar-benar menambah luka air mata, apalagi jika anjingnya gemetar," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Beberapa anjing, kata Kenny, hanya ada satu gigitan dan kemudian dilepaskan dan ada pula yang tidak mau mengeluarkan gigitannya. Bila itu terjadi pasti ada seseorang yang memberikan bantuan, seperti pemisahan mulut anjing dengan bagian tubuh yang digigit dengan besi atau kayu.

Biasanya anjing diarahkan ke lengan dan kaki untuk digigit. Namun, tidak sedikit anjing pitbull yang melihat leher digigit.

Lihat juga: Lima hal yang harus dilakukan saat anjing menyerang

Jika gigitannya longgar dan tidak terlalu parah, Kenny mengatakan, seseorang bisa membilasnya dengan alkohol dan mengobatinya dengan aplikasi obat merah.

Sementara itu, kata Adri, Anda bisa mencuci luka gigitan dengan alkohol lalu langsung ke rumah sakit jika luka-luka yang dideritanya parah dan dalam.

"Segera bilas dengan alkohol lalu langsung ke rumah sakit dan suntikan dengan baik agar tidak terpapar rabies," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar